kurikulum cambridge
Kursus Online

Mengenal Lebih dalam Kurikulum Cambridge

Kurikulum adalah sistem pendidikan yang berkaitan erat dengan seluruh proses dalam pembelajaran di sekolah. Pastinya kita akan lebih sering mendengar tentang Kurikulum Nasional KTSP maupun Kurikulum 2013, tetapi ada Kurikulum yang diadopsi dari sekolah internasional yaitu kurikulum Cambridge. 

Apa Itu Kurikulum Cambridge ? 

Pada dasarnya sebuah kurikulum memang dirancang untuk menjadi pedoman dunia pendidikan terutama bagi pengajar dan juga peserta yang akan diajar. Kurikulum Cambridge adalah sebuah kurikulum yang berasal dari organisasi non profit yang berada di Universitas Cambridge. 

Kurikulum Cambridge memiliki sebuah tujuan untuk menyiapkan para generasi saat ini dalam dunia persaingan secara global. Setidaknya sudah ada kurang lebih 1000 sekolah yang memakai kurikulum ini di 160 negara dan tidak terkecuali Indonesia. 

Indonesia sendiri baru mengenal kurikulum Cambridge baru beberapa tahun saja, kurikulum yang satu ini dahulu bernama Cambridge International Examination dan pada tahun 2018 berubah menjadi Cambridge Assessment International Education. Pergantian nama itu mempunyai sebuah tujuan untuk memberikan penegasan Cambridge Internasional bukan hanya akan berkaitan dengan soal ujian, tetapj juga jati diri dari pendidikan itu sendiri. 

Kurikulum Cambridge mempunyai tujuan yang begitu luas, di sistem kurikulum yang satu ini ada beberapa hal yang akan dijadikan prioritas paling utama dan lebih menekankan kepada pentingnya sebuah proses dibanding dengan hasil beserta pengembangan minat. 

Sistem kurikulum Cambridge akan lebih ditekankan di pengembangan minat dan juga bakat sehingga nantinya akan ada penguasaan bidang yang sangat mendalam. Kurikulum Cambridge lebih membebaskan anak untuk belajar berbagai hal berdasarkan ketertarikannya. 

Misalkan jika anak lebih senang dengan mata pelajaran matematika, maka tidak wajib untuk belajar biografi maupun kimia. Nantinya anak hanya akan mendalami pelajaran matematika saja sehingga konsentrasi belajarnya akan lebih kuat lagi. 

Jika dilihat dari penjelasan diatas memang terlihat begitu menjanjikan, maka dari itu banyak orang tua saat ini lebih ingin memasukkan anak ke sekolah yang memiliki kurikulum Cambridge, sehingga nantinya diharapkan anak bisa memiliki perkembangan yang baik dalam akademik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *