manfaat deposito berjangka untuk investasi
Deposito

Manfaat Menggunakan Deposito Berjangka dalam Mengelola Uang dengan Baik

Hampir semua orang memiliki tabungan di bank jenis apapun, bahkan setiap orang terkadang mempunyai rekening lebih dari satu. Sebagian menggunakan beberapa rekening dengan tujuan mengatur dan mengelola uang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan hingga untuk tabungan tertentu. Dalam pengelolaan uang dalam waktu yang lama, setiap bank biasanya menawarkan tabungan dalam jangka panjang atau yang disebut dengan deposito berjangka. Melalui deposito ini Anda bisa memulai investasi dan memberikan berbagai keuntungan. Berikut manfaat menggunakan deposito tersebut:

  1. Manfaat menggunakan deposito berjangka
  • Tabungan Anda akan menjadi lebih aman, 

Tabungan Anda menjadi tersimpan dan aman, dikarenakan Anda akan berpikir dua kali untuk menarik deposito sebelum waktu yang telah ditentukan. Anda akan terkena penalti tanpa mendapatkan suku bunga. Sehingga, uang Anda akan tetap tersimpan dengan baik dibanding menggunakan tabungan biasa, keuangan bisa saja diambil kapanpun namun Anda tidak bisa mencapai jumlah simpanan yang lebih besar dari menggunakan deposito berjangka yang bisa diambil sesuai dengan kesepakatan antara pihak bank dan nasabahnya. 

  • Investasi yang mudah 

Deposito ini mempunyai tingkat suku bunga yang lumayan tinggi dibanding jenis produk perbankan yang lain. Tentunya, akan sangat menguntungkan bagi Anda karena semakin besar dari uang yang Anda depositokan maka suku bunga yang akan Anda dapatkan juga lebih besar.

  • Meminimalisir resiko investasi

Investasi melalui deposito ini minim resiko kegagalan dibanding dengan pasar saham ataupun obligasi. Pada pasar saham Anda masih dikhawatirkan dengan kerugian yang lebih besar, sedangkan pada deposito ini Anda sudah relatif lebih aman karena tidak memerlukan harga pasar yang bisa berubah kapanpun. 

  • Pendapatan deposito per tenor

Deposito ini merupakan pendapatan per tenor yang mana Anda akan mengalami kesulitan dalam mengambil uang sebelum waktu yang telah disepakati. Namun, keuntungan yang Anda dapatkan bisa diambil dengan cara kembali menyetor uang ke rekening deposito Anda, sehingga anda masih bisa mendapatkan suku bunga sesuai dengan tenornya. 

  1. Syarat umum menggunakan deposito berjangka

Setelah Anda mengetahui manfaat serta keuntungan menggunakan deposito berjangka, kemungkinan Anda tertarik memulai berinvestasi dengan deposito ini. Berikut persyaratan umum yang bisa Anda siapkan, yakni:

  • Anda bisa melakukan pengisian pada rekening deposito di bank yang Anda daftarkan
  • Membawa dan menunjukkan KTP/SIM/Paspor yang asli dan fotokopinya.
  • Serahkan sejumlah uang yang dijadikan sebagai setoran awal untuk tabungan deposito.

Selain keuntungan yang Anda dapatkan dari deposito tersebut, akan tetapi juga memiliki kekurangannya dari deposito ini, seperti:

  • Anda sebagai pemilik dana dari deposito tersebut, namun Anda tidak dilibatkan secara langsung, sehingga Anda tidak mendapatkan keuntungan secara penuh sebagai pemiliknya. Anda juga masih dikenakan pajak serta biaya atas pengelolaan keuangan pada tabungan Anda. 
  • Ancaman terjadinya inflasi turun, dikarenakan nilai mata uang yang rendah, sehingga mempengaruhi suku bunga dari deposito Anda. 
  • Keuntungan deposito Anda tergantung dengan tabungan yang Anda simpan, rendah atau tingginya deposito tergantung dari setoran uang Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *