Ilustrasi Kontrol Dimensional Pembuatan Jalur Pipa
Pipa

Mengatasi Penyumbatan Pada Pipa Saluran Pembuangan

Saluran air menjadi komponen penting yang tidak boleh diabaikan, agar hunian tetap bersih dan nyaman Anda perlu kontrol dimensional pembuatan jalur pipa saluran pembuangan, saluran pembuangan yang tersumbat dapat membuat aliran air terhambat, ada hal yang membuat saluran pembuangan tersumbat baik kotoran tersumbat di pipa atau bahkan sudah mengendap lama.

Mencegah Penyumbatan Saluran Pembuangan

Untuk meminimalisir terjadinya penyumbatan Anda perlu melakukan kontrol khususnya pada saluran jalur pipa air rumah, mungkin Anda dapat melakukan pengecekan dari bak kontrol, bak kontrol biasanya dibuat di beberapa titik saluran pembuangan, adanya bak kontrol ini akan memudahkan Anda saat terjadi penyumbatan karena Anda cukup membuka bak tersebut.

Anda bisa dengan mudah melihat ada tidaknya kotoran yang membuat jalur pipa saluran menjadi tersumbat, jika tidak ditemukan kotoran kemungkinan ada kotoran yang masuk ke saluran pipa, bila Anda mendapati keadaan seperti ini hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan sebatang kawat lentur.

Kawat yang lentur ini akan memudahkan Anda dalam mengangkat kotoran dengan cara memutar kawat dan mendorongnya keluar, bagaimana jika cara ini belum juga membuahkan hasil? Tenang saja masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan sekop kecil atau penyemprot air. 

Membangun Konstruksi Yang Tepat

Untuk menghindari adanya endapan pada saluran pipa sebaiknya Anda membuat konstruksi bak kontrol di setiap belokan saluran pembuangan, bila Anda tidak membuat bak kontrol maka kotoran yang mengendap dapat mengikis permukaan dinding pipa, maka dari itu perlu adanya kontrol dimensional pembuatan jalur pipa bak kontrol setiap 5 meter panjang pipa saluran pembuangan.

Konstruksi bak kontrol umumnya dibuat dari pasangan bata, dasar dari bak kontrol diberi lapisan saringan serta batu koral, fungsi lapisan dasar tersebut agar kotoran tidak mengalir ke arah pipa saluran air dari bak kontrol, sehingga pipa saluran tetap terjaga kebersihannya.

Usahakan Anda selalu membersihkan bak kontrol secara rutin, hal ini sebagai kontrol dimensional pembuatan jalur pipa saluran pembuangan lancar dalam mengalirkan air yang kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *