Ilustrasi kehamilan
Program Hamil

Cara Mengetahui Kesuburan Rahim pada Wanita

Cepat mempunyai momongan menjadi harapan untuk setiap pasangan yang sudah menikah. Supaya mendapatkan keturunan, baik suami dan istri harus subur. Kenyataannya wanita sering menjadi pihak yang sering disalahkan jika belum mendapatkan momongan. Padahal kasus kemandulan menunjukkan jika wanita berperan 40 persen saja, lalu 40 persen lainnya disebabkan oleh pria dan sisanya 20 persen disebabkan masalah komplikasi. Berikut ini seputar informasi yang berkaitan tentang mengetahui tes kesuburan rahim pada wanita.

Ciri-ciri wanita yang mempunyai kesuburan rahim baik

Mempunyai jadwal menstruasi yang teratur dan normal

Tingkat kesuburan pada wanita bisa berasal dari siklus menstruasi. Jika wanita mempunyai siklus menstruasi yang teratur dan normal, maka proses ovulasi dapat terjadi secara teratur. Ovulasi adalah proses saat sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi. Siklus yang normal terjadi setiap bulan sekali dalam jangka waktu 21 hingga 35 hari. Selain dilihat dari segi waktunya, siklus yang normal dapat anda lihat dari jumlah darah yang keluar dalam batas normal. Bisa disimpulkan jika wanita dengan siklus menstruasi normal dan teratur mempunyai tingkat kesuburan yang baik.

Kehidupan seksual aman

Wanita yang subur mempunyai kondisi reproduksi yang sehat pula. Salah satu cara yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan mempunyai kehidupan seksual yang aman artinya anda tidak berganti-ganti pasangan seksual dan selalu menggunakan cara aman saat berhubungan intim, hal tersebut membuat wanita terhindar dari penyakit seksual menular yang mengakibatkannya sulit untuk hamil.

Mempunyai berat badan ideal

Berat badan ideal bisa mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh dan dapat memberikan dampak buruk pada keberhasilan ovulasi yang membuat proses tersebut berhenti. Jika wanita mempunyai badan yang terlalu kurus maka tubuhnya  menjadi hemat energi dan menghentikan proses ovulasi tersebut. Masa ovulasi yang sudah berhenti lama bisa mengakibatkan kemandulan. Jika terlalu gemuk juga meningkatkan risiko sindrom ovarium polikistik lebih tinggi dan dapat meningkatkan kemandulan permanen.  Itulah beberapa cara yang bisa anda coba sendiri untuk mengetahui kesuburan rahim anda, konsultasikan juga pada pihak kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *