alat cek kesuburan wanita
Program Hamil

Pastikan cek Kesuburan Hormon Sebelum Merencanakan Kehamilan

Tubuh kita memiliki banyak sekali jenis hormon yang mengalir setiap harinya, hormon ini sering mempengaruhi kondisi badan, pikiran, emosi, bahkan kesehatan dalam diri kita. Salah satu hormon yang sering kali kita dengar adalah hormon kesuburan. Bagi beberapa pasangan suami istri hormon kesuburan adalah hal yang penting, jika sudah lama belum dikaruniai buah hati maka penting untuk melakukan cek hormon kesuburan dengan alat cek kesuburan wanita dan pria.

Ketika membahas ketidaksuburan, biasanya identik dengan wanita karena proses pembuahan yang terjadi pada wanita. Padahal dalam setiap pasangan masing-masing berkemungkinan berkontribusi memiliki ketidaksuburan sekitar 40 persen. Akan tetapi kemungkinan terbesarnya memang terjadi karena faktor internal yang dialami oleh pihak wanita, seperti apa kesehatan rahim dan lain sebagainya.

Cek hormon kesuburan pada wanita

Pemeriksaan atau pengecekan kesuburan pada wanita bisa dilakukan dengan cara pemeriksaan ovulasi, pemeriksaan ini untuk memastikan apakah terjadi ovulasi dengan baik pada rahim. Kemudian pemeriksaan ovarium, untuk memeriksa apakah hormon telah bekerja dengan baik dan berfungsi sebagai mana mestinya sehingga dapat terjadi pembentukan sel telur.

Selanjutnya memeriksa tingkat atau siklus menstruasi (progesteron) dan jika dirasa perlu maka dilakukan pemeriksaan endometrium apakah sampai kepada luar dinding rahim dan menyebabkan iritasi atau tidak. Terakhir adalah pemeriksaan hormon-hormon yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pada wanita. Adapun alat cek kesuburan wanita yang bisa digunakan sendiri dan dijual di apotik.

Hormon yang mempengaruhi kesuburan wanita

Kesuburan hormon wanita dipengaruhi oleh beberapa hormon yang bekerja dengan baik, hormon tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Hormon FSH, hormon ini akan menstimulasi folikel dan mengatur produksi sel telur pada wanita dan sperma pada pria
  • LH atau Hormon Lutenizing, hormon yang bekerja untuk memberi tahu tubuh kita untuk melepaskan sel telur pada waktu siap untuk dibuahi.
  • Progesteron dan prolaktin, hormon utama dalam proses menyiapkan tubuh untuk kehamilan
  • T3 dan T4, hormon ini harus dipastikan bekerja dengan baik karena hormon ini menjadi pengaruh besar untuk kemungkinan kehamilan bagi wanita. Jika terjadi masalah pada kelenjar tiroid, bisa-bisa hamil menjadi tantangan atau akan sangat berisiko sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *