Ilustrasi Atap Polikarbonat Gelombang
Atap

Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan Atap Polikarbonat

Atap polikarbonat gelombang adalah salah satu jenis penutup atap yang sering digunakan pada berbagai bangunan seperti rumah dan gedung-gedung saat ini. Atap polikarbonat dipandang mampu menjadi solusi penutup atap yang bagus dan juga memiliki nilai keindahan. Namun sebaiknya sebelum Anda membeli atap polikarbonat untuk dipasang di bangunan Anda, kenali dulu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh atap polikarbonat tersebut :

Kelebihan Atap Polikarbonat

Kelebihan yang banyak menjadi bahan pertimbangan orang-orang dalam memilih atap polikarbonat adalah karena ketahanannya akan benturan, sehingga atap polikarbonat ini sangat kuat dan tidak mudah rusak. Bahkan karena kekuatannya itu bahan atap polikarbonat ini tidak hanya digunakan dalam pembangunan saja, namun juga dipakai sebagai bahan pembuatan jendela pesawat. Selain itu atap polikarbonat ini juga mampu menangkal sinar matahari yang terik sehingga dengan demikian, jika Anda menggunakannya sebagai atap, maka bagian bawah atap tersebut tidak akan terlalu panas. Ditambah lagi atap polikarbonat ini tahan dengan berbagai perubahan cuaca. Sehingga dengan demikian saat Anda menggunakan atap polikarbonat ini Anda bisa menggunakannya sampai belasan tahun lamanya, maka dari itu atap polikarbonat ini juga bisa dikatakan sangat ekonomis.

Kekurangan Atap Polikarbonat

Namun tentunya dibalik semua kelebihan dari atap polikarbonat gelombang, tentunya atap polikarbonat ini juga memiliki beberapa kekurangan dan adanya kekurangan ini perlu Anda pertimbangkan, sehingga Anda bisa mendapatkan bahan material bangunan yang terbaik untuk Anda manfaatkan dalam pembangunan. Dibalik dari semua kelebihannya, maka harga dari atap polikarbonat ini termasuk cukup tinggi jika dibandingkan dengan kaca atau akrilik. Maka dari itu ada juga yang kemudian beralih kepada ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang hampir sama kuat namun tidak begitu tahan panas dan benturan keras. Namun demikian jika Anda ingin mendapatkan kualitas terbaik, sebaiknya tidak masalah mengorbankan uang yang lebih banyak namun tentunya mendapatkan kualitas material bangunan yang terbaik.

Kekurangan lainnya dari atap polikarbonat ini adalah bahan atap polikarbonat ini sayangnya tidak tahan terhadap goresan, sehingga jika Anda tidak sering mengecek dan merawatnya lama kelamaan goresan-goresan yang terjadi pada atap polikarbonat itu bisa menimbulkan kerusakan parah. Hal ini tidak sama dengan atap fiber, atap galvalum dan atap beton yang cenderung lebih tahan dengan goresan.

Atap polikarbonat ini juga amat sensitif pada bahan kimia, sehingga seandainya Anda membersihkannya menggunakan bahan kimia tertentu yang mengandung alkali atau pun pelarut, maka atap polikarbonat gelombang itu bisa rusak. Maka dari itu saat Anda mencoba untuk membersihkannya, harus memperhatikan bahan sabun yang digunakan agar atap polikarbonat itu tidak cepat rusak. Sekarang tergantung pada Anda sendiri apakah akan tetap menggunakan atap polikarbonat atau beralih ke material bangunan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *