seorang wanita sedang mengatur oven yang digunakan
Oven

Gas Convection Oven Pengertian, Cara Kerja, dan Penggunaannya

Gas convection oven merupakan salah satu jenis oven gas yang telah dilengkapi dengan kipas blower serta memiliki sumber panas yang terletak di bagian tengah. Hal tersebut, membuat proses saat memanggang adonan akan lebih maksimal dan makanan yang dihasilkan pun akan memiliki tekstur yang renyah. Oven jenis ini bisa ditemukan di distributor oven.

Umumnya, convection oven digunakan untuk memanggang berbagai adonan, seperti cookies, pastry, granola. Croissant, dan lain semacamnya di suhu rata-rata 170°C.

Cara Kerjanya

Cara kerja dari oven konveksi gas yang dijual oleh distributor oven ini ialah dengan mengandalkan central burner yang terletak persisnya di tengah oven dan dilengkapi dengan kipas blower. 

Kipas blower tersebut memiliki fungsi untuk dapat mendistribusikan panas di dalam oven, agar nantinya panas yang dihasilkan dapat disalurkan ke seluruh ruangan oven. Oleh karena itu, adonan yang dipanggang dengan suhu yang maksimal serta adanya sirkulasi udara panas akan membuat adonan di dalamnya memiliki tekstur yang renyah dan kering. 

Gas convection oven juga memiliki suhu yang dapat diatur sesuai keinginan, dengan begitu oven convection cocok dan baik digunakan dalam membuat berbagai adonan dengan suhu yang ideal dan menjaganya agar tetap stabil. Proses baking yang dilakukan dengan suhu ideal serta sirkulasi panas ini, membuat oven akan lebih cepat untuk menghasilkan adonan di dalamnya dengan kematangan yang merata. Cara kerja dari oven ini juga dapat ditanyakan pada distributor oven.

Cara Penggunaan Oven Gas Convection

Dalam penggunaannya, gas convection oven sangatlah mudah untuk digunakan oleh pemula sekalipun. Hal tersebut dikarenakan Anda hanya perlu untuk menyalakan mesin oven convection, kipas serta atur suhu yang sesuai dan ideal dengan adonan yang akan Anda panggang. 

Berikut caranya:

  1. Pertama-tama, sambungkan regulator gas pada tabung gas. 
  2. Kemudian, sambungkan colokan listrik oven pada stop kontak. 
  3. Nyalakan kipas blower. Caranya, putar knop kipas dengan searah jam yang terletak di samping power. 
  4. Selanjutnya, Anda dapat mengatur suhu yang diinginkan dan pastinya sesuai dengan adonan yang nantinya akan dibuat.
  5. Jika suhu pada oven sudah mencapai yang ditentukan, Anda bisa segera masukkan loyang yang telah berisi adonan. 
  6. Terakhir, atur time yang sesuai. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *