ilustrasi inspeksi kabel bawah laut
Bawah Laut

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Inspeksi Kabel Bawah Laut

Memasang kabel di bawah laut bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan.  Perlu dilakukan inspeksi kabel bawah laut secara berkala untuk menjaga dan memastikan kondisi kabel di bawah laut. Melakukan inspeksi juga bukan hal yang bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukannya. Seperti yang dibahas di bawah ini.

  1. Peralatan yang Digunakan Oleh Tim Inspeksi 

Sebuah tim untuk pergi ke bawah laut, pastinya memerlukan peralatan yang khusus. Peralatan yang utama adalah peralatan untuk menyelam. Kemudian, alat-alat perbaikan kabel yang memang diperuntukkan untuk perbaikan kabel di bawah laut. Perusahaan yang memutuskan untuk melakukan pemasangan kabel di bawah laut harus menyediakan peralatan tersebut. 

  1. Posisi Kabel pada Peta Laut 

Setiap posisi kabel di bawah laut selalu dipetakan dengan baik, namun ada kalanya terjadi pemindahan atau pergeseran posisi karena faktor alam. Karena itu, posisi kabel di bawah laut harus selalu diupdate oleh tim. Apalagi sebelum melakukan inspeksi secara langsung ke bawah laut. 

Diperlukan tim pemetaan yang khusus pada tim inspeksi untuk mengetahui posisi kabel secara pasti sebelum melakukan inspeksi. Apalagi proses menyelam sendiri sudah tidak mudah, jadi tidak bisa dibebani lagi dengan proses pencarian posisi kabel di bawah laut. 

  1. Situasi Lingkungan Tempat Kabel Berada 

Situasi lingkungan bawah laut tempat kabel berada akan mempengaruhi peralatan yang seperti apa yang harus di bawah oleh tim inspeksi. Karena itu, sebelum terjun langsung ke lapangan tim biasanya harus mengumpulkan informasi terlebih dahulu mengenai situasi lingkungan bawah laut tempat kabel berada. 

Apakah lingkungan tersebut memiliki arus yang kuat, air yang hangat, air yang dingin, arus yang lemah, dan sebagainya. Dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai situasi lingkungan bawah laut yang dituju. Tim bisa membawa peralatan yang lebih sesuai dan pastinya akan lebih aman juga dalam melakukan inspeksi kabel bawah laut. 

  1. Pengaruh Kabel pada Lingkungan Laut Sekitarnya 

Keberadaan kabel di bawah laut yang merupakan benda asing di lingkungan laut. Pastinya sedikit banyak akan memberikan pengaruh tertentu pada lingkungan bawah laut yang ditempatinya. Walaupun sebelum penempatan, kabel laut pastinya sudah didesain agar tidak menimbulkan efek yang buruk dan dapat bertahan di lingkungan tersebut. 

Namun perubahan lingkungan bisa saja merubah perencanaan di awal. Karena itu kegiatan inspeksi di bawah laut sangatlah diperlukan. Selain itu memantau kondisi kabel itu sendiri, tim inspeksi juga perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan laut dan bagaimana pengaruh antara kabel laut dan lingkungan. 

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan inspeksi kabel bawah laut. Sebenarnya masih banyak lagi hal yang menjadi pertimbangan dalam melakukan inspeksi. Yang jelas, jika dilakukan dengan persiapan yang matang dan tim yang profesional. Maka inspeksi bisa berjalan dengan lancar dan aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *