genset yanmar
Genset

Apakah Genset Yanmar Akan Buat Tipe Solar Power di Masa Depan?

Genset Yanmar sudah dikenal kualitas dan daya tahannya. Brand genset ini tentu banyak dipercaya, tapi sayangnya inovasi genset mereka berhenti di tipe mesin saja. Di era modern sekarang, banyak perkembangan teknologi yang bisa pengaruhi desain genset. Contohnya model tenaga surya.

Mengapa Belum Ada Genset Yanmar Tenaga Surya?

Gedung dengan panel surya tentu sudah banyak ditemukan di kota besar Indonesia. Popularitas ini bisa jadi tanda perkembangan popularitas tenaga surya untuk konsumsi umum. Sayangnya di Indonesia, popularitasnya masih tergolong kecil.

Di luar negeri, penggunaan panel tenaga surya bisa dihubungkan ke battery khusus yang nantinya jadi sumber tenaga genset. Jadi saat mati lampu, tenaga surya yang disimpan di battery bisa digunakan sebagai cadangan.

Sayangnya desain ini kompleks dan mahal. Jika inovasi Genset Yanmar kedepannya membuat desain tenaga surya, hal ini belum tentu laku. Biaya yang besar dan penggunaan niche adalah alasan besar mengapa desain tersebut belum dikembangkan pihak Yanmar.

Kelebihan dan Kekurangan Genset Tenaga Surya

Untuk lebih memahami mengapa Genset Yanmar belum aplikasikan teknologi tenaga surya, Anda harus pahami dulu kelebihan dan kekurangan sistem ini. Berikut adalah bahasan singkatnya:

Kelebihan Genset Tenaga Surya

  • Biaya penggunaan lebih rendah karena menggunakan tenaga surya. Anda tidak perlu beli bahan bakar sama sekali.
  • Energy lebih bersih. Jika tidak ada pembakaran dari bahan bakar, hasil sisa pembakaran juga tidak akan muncul.
  • Bisa dijadikan pendukung energy listrik di rumah. Karena menggunakan panel surya, energy yang berlebih dan tidak disimpan di battery bisa langsung dipakai oleh rumah. Jadi biaya bayar listrik rumah bisa turun karena sudah ada pendukung energy listrik tambahan.

Kekurangan Genset Tenaga Surya

  • Harga mahal untuk standar Indonesia. Jika terlalu mahal, tidak banyak orang ingin beli.
  • Sistem yang modern membuat proses perbaikan berbeda dengan genset biasa. Memperbaiki genset Yanmar bisa mudah karena teknisi dan partsnya sudah banyak tersedia. Jika ada model genset baru, teknisi lama dan partsnya belum tentu mudah ditemukan.
  • Perlu Instalasi yang lebih rumit. Menggunakan genset tenaga surya membutuhkan planning lebih lama. Mulai dari pemasangan panel surya, pemasangan sistem battery dan baru mesin genset. Karena kebutuhan yang lebih kompleks, bisa saja hal ini halangi perkembangan penggunaan genset tipe ini.

Dari pertimbangan di atas, Anda bisa melihat mengapa perkembangan teknologi ini belum baik diterima di Indonesia. Jika konsumennya tidak ada, Yanmar tentu belum mau mengembangkan produknya. Tapi bisa saja hal ini berubah di masa depan.

Sekian bahasan tentang potensi Genset Yanmar keluarkan model tenaga surya. Menarik bukan bahasannya? Semoga bahasan ini membuka wawasan Anda tentang model genset terbaru. Terima kasih sudah baca artikelnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *