ilustrasi genset besar
Genset

Yuk Kenali, 5 Jenis Genset Besar Yang Umum Digunakan

Genset Besar memang paling banyak digunakan sebagai salah satu solusi terbaik ketika terjadi pemadaman listrik tak terduga. Nah, selain memang banyak digunakan oleh rumah, genset juga banyak digunakan oleh pemilik usaha dengan tujuan agar kegiatan operasionalnya tidak terganggu dan terhenti. 

Namun penggunaan genset sendiri sebenarnya memiliki perbedaan penggunaan. Karena genset rumah, kantor dan industri lainnya memiliki jenis yang berbeda. Berikut beberapa jenis genset yang umum digunakan untuk kebutuhan tertentu diantaranya:

Genset Dengan Bahan Bakar Diesel

Sebenarnya genset dengan jenis ini adalah yang paling banyak digunakan dan paling banyak sekali dijual. Mesin ini membutuhkan diesel sebagai bahan bakarnya dan menghasilkan energi 5000watt – 2,000,000 watt.

Genset Dengan Bahan Bakar Bensin

Agar berbeda dengan jenis sebelumnya, untuk jenis genset ini merupakan jenis dengan bahan bakarnya adalah bensin. Namun jenis genset ini adalah masuk dalam jenis genset yang paling umum digunakan dan banyak dibutuhkan baik untuk kebutuhan rumah ataupun untuk bisnis. Untuk jenis genset bensin ini sebenarnya memiliki kapasitas hingga 1000 watt. 

Genset Dengan Bahan Bakar Gas

Genset untuk jenis ini sesuai dengan namanya menggunakan bahan bakar gas. Gas yang biasanya digunakan sebagai bahan bakar adalah LPG ataupun bisa juga dengan jenis CNG. Sebenarnya genset satunya ini tidak terlalu banyak ada di pasaran dikarenakan memiliki harga yang cukup mahal. Hanya memang kualitas dari genset besar satu ini memang jauh lebih baik dari bahan bakar diesel ataupun bahan bakar bensin. Karena genset dengan bahan bakar gas sendiri hanya sedikit mengeluarkan emisi. 

Genset Portable

Jika melihat dari namanya mungkin Anda sudah memahami jika genset ini memang memiliki sifat portable dan mudah dibawa serta dipindahkan kemanapun. Untuk genset ini memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan cenderung kecil sehingga jauh lebih mudah jika dibawa kemana – mana, Dan biasanya jenis genset ini paling mudah dibawa kemana – mana untuk kebutuhan outdoor seperti piknik. 

Genset Turbin

Untuk jenis turbin bisa dikatakan adalah jenis genset besar karena kapasitasnya memang yang paling besar dari semua jenis genset. Untuk kapasitas genset turbin sendiri mencapai 2 juta watt. Dengan kapasitas yang sangat besar ini, maka membuat genset besar jenis ini banyak digunakan pada gedung perkantoran, rumah sakit dan lainnya. Bahkan dengan kapasitas yang sangat besar ini juga genset turbin bisa menyalakan lampu satu kota kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *