Gambar 2 wanita sedang bekerja
Supplier

5 Cara Memilih Supplier Horeca Yang Tepat Untuk Bisnis Kuliner Anda

Dalam memilih supplier horeca yang tepat untuk bisnis kuliner yang Anda jalankan, perlu adanya b eberapa hal penting yang harus diperhatikan. Dalam hal ini Anda tidak bisa asal pilih karena akan berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis Anda. 

Berikut 5 Cara memilih supplier horeca yang tepat untuk bisnis kuliner Anda: 

Pahami Kebutuhan Anda 

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah pahami terlebih dulu apa saja kebutuhan dari bisnis Anda. Dengan memahami dan mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan, Anda akan lebih mudah dalam menentukan supplier horeca yang tepat. 

Misalnya saja, jika Anda membutuhkan berbagai bahan baku untuk diolah menjadi makanan lezat, pastinya tidak cukup hanya menggunakan satu supplier saja. anda membutuhkan beberapa pemasok untuk mendapatkan bahan-bahan yang berkualitas dengan cepat. 

Dalam hal ini, Anda bisa mengelompokkan bahan-bahan kebutuhan Anda sesuai dengan jenisnya, kadarnya, intensitasnya, ataupun fungsinya sehingga Anda akan lebih mudah dalam mencari supplier horeca serta akan lebih menghemat waktu dan biaya.

Utamakan Kredibilitas Supplier 

Hal ini merupakan sebuah pertimbangan penting dalam memilih supplier. Dengan kredibilitas yang dimiliki, Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam pelayanan yang pastinya juga akan menguntungkan dalam bisnis Anda. 

Untuk mengetahui kredibilitas ini, Anda bisa melihat dari berbagai situs website maupun sosial media yang dimiliki. Melalui situs tersebut, Anda akan dengan mudah memahami bagaimana kinerja dari supplier tersebut, bagaimana pelayanan yang ditawarkan, bagaimana kondisi produknya, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai review dari para pelanggan terdahulu yang sudah pernah menggunakan jasa mereka. 

Pertimbangkan Kualitas Supplier 

Hal lain yang juga tak kalah penting untuk diprioritaskan adalah kualitas produk. Kualitas di sini misalnya dari segi kesegaran bahan baku yang disediakan, pelayanan yang dilakukan, ketepatan waktu pengantaran pesanan dan lain sebagainya. 

Jikalau saja kualitas kesegaran bahan yang dikirimkan sangat kurang fresh, pastinya hal ini juga akan mempengaruhi kualitas dari makanan yang dibuat. Selain itu, misalnya saja waktu pengantarannya terlambat, pasti juga akan mempengaruhi waktu produksi makanan di tempat Anda. Hal ini akan berdampak buruk bagi usaha Anda. 

Sebaiknya pilihlah supplier yang benar-benar menawarkan kualitas terbaik untuk mendukung kemajuan dari usaha Anda. 

Pilih Harga Terbaik 

Hal lain yang menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih supplier horeca adalah harga barang yang ditawarkan. Tidak semua barang dengan harga murah tidak memiliki kualitas baik, namun sebaliknya tidak semua barang dengan harga mahal memiliki kualitas yang terjamin. 

Maka dari itu, perihal harga ini tak kalah urgennya. Sebaiknya carilah supplier yang menawarkan barang dengan kualitas terbaik dengan harga yang bersahabat. Jika Anda mampu menekan biaya pembelian bahan baku, tapi masih dalam taraf kualitas bagus, pastinya akan sangat menguntungkan bagi Anda. 

Memiliki Lebih Dari Satu Supplier 

Hal ini bertujuan agar saat suplier pertama tidak memiliki persediaan bahan yang Anda butuhkan, maka Anda bisa menghubungi supplier lainnya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam memenuhi pasokan bahan-bahan yang sedang dibutuhkan. 

Selain itu, dengan memiliki lebih dari satu supplier, Anda juga bisa membandingkan harga serta kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan demikian akan terlihat apakah supplier horeca yang Anda pilih tersebut sudah benar-benar baik apa belum. 

Nah, itulah 5 tips cara memilih supplier horeca yang terbaik untuk kemajuan bisnis yang Anda geluti. Dengan menemukan supplier yang tepat, maka bisnis Anda pun juga akan segera maju dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *