Pembelajaran matematika di kelas
Pendidikan

Metode Yang Bisa Diterapkan Anak Dalam Pembelajaran Matematika

Kebanyakan orang tua terkadang masih bingung dengan metode apa yang dapat diberikan kepada sang anak. Karena seperti yang kita tahu bahwa matematika merupakan salah satu bidang yang tidak disukai oleh sebagian anak, sehingga tak heran bahwa kebanyakan anak juga sulit untuk mengingat banyak rumus dan mengeluhkan bahwa rumus matematika sulit untuk di hafalkan serta diterapkan. Inilah sebabnya, orang tua lebih memilih membawa anak ke salah satu bimbingan belajar seperti les matematika terbaik, anak akan di bimbing oleh guru atau mentor yang sudah berpengalaman. Padahal ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk pembelajaran matematika ini, selain mencari les matematika terbaik.

Metode pembelajaran matematika

  1. Matematika math monkey, anak-anak akan identik dengan bermain. Dalam penerapan hal math monkey ini akan diterapkan kurikulum berbasis games. Metode yang digunakan pada tempat kursus yang berasal dari Amerika ini yaitu vedic math yang sudah diklaim sebagai salah satu mode tercepat di dunia juga. Dengan menggunakan metode vedic math ini, anak juga bisa memilih cara untuk berhitung sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Beberapa manfaat menggunakan metode ini adalah, dapat mengembangkan kemampuan konsentrasi, dan meningkatkan daya ingat anak.
  2. Multi process model, atau biasa yang disingkat dengan MPM ini merupakan salah satu sistem matematika yang mempunyai konsep multi process dan multi concept mathematics. Biasanya, metode ini digunakan untuk anak usia 4 hingga 12 tahun. Sistem yang digunakan adalah anak yang harus fokus untuk belajar mandiri dengan minimal intervensi dan instruktur. Dengan begitu, konsep ini dapat membantu anak untuk tetap mengembangkan kemampuannya dan dapat menyelesaikan masalah serta dapat berpikir logis. Tak heran, jika cara ini juga telah ada sejak tahun 1989 dan sudah diterapkan pada salah satu sistem pembelajaran pada les matematika terbaik. Dengan menggunakan metode ini, anak juga dapat memecahkan soal dalam bentuk aljabar, geometri, koordinat pesawat atau beberapa materi lainnya yang berada dalam soal matematika. Dengan begitu, anak tidak merasa tertekan karena sistem belajar yang dikemas dengan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *