Ilustrasi Mesin Kopi Espresso Astoria
Mesin Espresso

Bekerja Menggunakan Mesin Kopi Espresso? Kenali Komponen dari Mesin Espresso Ini

Bekerja sebagai barista membuat Anda mesti berurusan dengan mesin pembuat kopi. Tentunya mesin kopi espresso astoria ini memiliki jenis yang beragam, serta terdiri dari komponen yang berbeda-beda.

Mesin kopi espresso

Mesin pembuat kopi espresso memiliki 5 jenis yang berbeda, yaitu super otomatis, otomatis, semi otomatis, manual dan juga komersial atau profesional, yang masing-masing memiliki bagian atau komponen penyusun mesin.

Bagian-bagian espresso astoria

Alat pembuat kopi espresso ini mempunyai bagian atau komponen yang memiliki fungsinya masing-masing.

  1. Portafilter, digunakan untuk menampung bubuk kopi yang akan diekstraksi, bagian ini terdiri dari handle, basket, serta spouts.
  2. Water Boiler, adalah tabung penampung air panas yang digunakan untuk membuat espresso ataupun membuihkan susu.
  3. Group Head, adalah penghubung yang mempertemukan bubuk kopi dari portafilter dengan air panas dari water boiler. Mesin kopi super otomatis tidak memiliki bagian ini karena Anda hanya perlu memasukan kopi dan menekan tombol saja.
  4. Extraction Switch, adalah sebuah tombol untuk memulai maupun menghentikan proses ekstraksi. Bagian ini tidak akan Anda temukan di mesin kopi manual, walaupun begitu mesin kopi otomatis dengan tipe yang berbeda juga memiliki tombol yang berbeda. 
  5. Steam Wand, adalah sebuah pipa yang digunakan untuk menyemburkan uap sehingga bisa memanaskan dan membuihkan susu, proses ini dikenal dengan istilah frothing. Biasanya digunakan saat akan membuat sajian minuman espresso yang memiliki campuran susu seperti cappucino, latte, dan mochacino.
  6. Steam Knob, adalah tombol yang digunakan untuk menghidupkan serta mematikan semburan uap dari steam wand. Setiap jenis mesin kopi ini memiliki tombol yang berbeda, ada yang ditekan dan ada juga yang diputar. Tombol yang diputar digunakan sebagai pengatur jumlah uap yang dikeluarkan.
  7. Tamper, digunakan sebagai pemadat bubuk kopi yang ada di portafilter dengan cara menekan-nekan bubuk kopi tersebut. Tamper ini memiliki bentuk yang menyerupai stempel atau alat cap. 
  8. Drip Tray, adalah wadah yang digunakan untuk menampung tetesan atau sisa air saat mengekstraksi kopi. Namun tidak hanya sebagai penampung air, bagian mesin ini juga digunakan untuk menampung sisa bubuk kopi yang tercecer.
  9. Knockbox, adalah wadah yang digunakan untuk membuang ampas kopi yang ada di portafilter setelah proses ekstraksi selesai. Alat ini bukanlah bagian yang menyatu dengan mesin.

Itulah bagian dari espresso astoria beserta dengan fungsinya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *