Ilustrasi Kalender Ovulasi
Ovulasi

Kalender Ovulasi, Untuk Membantu Program Kehamilan

Guna membantu mengetahui masa subur wanita, saat peluang terjadinya kehamilan paling tinggi, maka bisa pergunakan kalender Ovulasi.

Masa Ovulasi dan Masa Subur

Ovulasi ialah proses dalam siklus haid pada wanita. Proses ovulasi tersebut terjadi pada saat folikel telur yang matang pecah dan lalu melepaskannya melalui tuba falopi menuju ke arah rahim guna mendapatkan pembuahan. Sedangkan

masa subur telah terjadi selama sekitar 5 hari sampai 7 hari sebelum ovulasi mulai terjadi. Contohnya, apabila siklus haidnya ialah 28 hari, maka masa subur sudah terjadi di hari ke 10  hingga ke 14. Ovulasi terjadi pada rentang 12 hari sampai 24 hari sebelum haid hari pertama muncul. Biasanya, masa Ovulasi sebelum haid berlangsung selama 12 hari sampai 16 hari saja. Manfaatkan masa subur untuk melakukan hubungan suami istri, karena pada saat itulah peluang terjadinya kehamilan yang paling tinggi. Sel telur pada saat Ovulasi tersebut hanya mampu bertahan selama 12 jam sampai 24 jam saja sejak dilepas. Suami istri harus melakukan hubungan seksual tanpa pengaman ataupun alat KB setidaknya 5 hari sebelum masa ovulasi tiba.

Sel sperma pria biasanya dapat hidup pada organ reproduksi wanita selama 3 hari hingga 5 hari. Dengan begitu maka sel sperma bisa langsung membuahi sel telur pada saat dilepaskan di masa subur tersebut.

Kalender Ovulasi atau Masa Subur

Siklus menstruasi yang normal secara umum terjadi selama 28 hari hingga 35 hari. Dengan melakukan plot siklus menstruasi pada kalender, baik itu dengan kalender manual ataupun kalender ovulasi online, maka lantas dapat dihitung perkiraan waktu terjadinya ovulasi serta masa subur, yang meliputi hari pertama ovulasi dan hari terakhir ovulasi. Secara rata-rata hari terjadinya masa subur atau ovulasi atau pelepasan sel telur ialah sekitar 14 hari sebelum siklus menstruasi yang berikutnya. Sedangkan, masa subur ialah mulai dari 3 hari sebelum ovulasi hingga 1 hari sesudah ovulasi. Contoh, apabila siklus menstruasi ialah 28 hari, maka ovulasi akan terjadi pada hari ke 14, dan masa suburnya ialah pada hari ke 11 hingga ke 15. Begitulah patokannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *