ilustrasi dish washing machine
Washing Machine

Tips Merawat Dish Washing Machine

Jika anda memiliki sesuatu hal apalagi barang – barang yang bermanfaat, pasti anda berharap barang tersebut bisa terus berfungsi dalam waktu yang cukup lama dan selalu memberikan manfaatnya bagi anda, bukan sebaliknya. Oleh karena itu, merawat barang – barang tersebut merupakan kewajiban yang harus anda lakukan, termasuk dish washing machine harus anda rawat agar tetap bermanfaat. simak tips merawat dishwasher agar awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

  • Periksa Dan Bersihkan Kembali Setelah Menggunakan

Setelah anda selesai menggunakan dish washing machine, sebaiknya periksa pada bagian rak – rak dan hinge pencucian. Jika ditemukan adanya kotoran yang melekat dari sisa – sisa pencucian, segera bersihkan. Anda bisa membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan spons kemudian membilasnya.

Pada saluran air dan saluran pembuangan pun sebaiknya rutin anda periksa. Jangan sampai karena saluran pembuangan yang tersumbat karena penuh dengan kotoran yang menumpuk, dapat menyebabkan pencucian menjadi tidak bersih maksimal hingga penyebab utama kerusakan. Serta jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian luar mesin.

  • Buang Sisa – Sisa Minyak Dan Kotoran Sebelum Mencuci

Layaknya mencuci piring secara manual, anda pun sebaiknya membuang terlebih dulu sisa – sisa makanan, minyak lemak, dan kotoran lain sebelum mencucinya di dalam dish washing machine. Dengan begitu proses pencucian bisa menjadi lebih maksimal. Jika ada sisa – sisa makan yang sudah mengering dan masih menempel di piring, sebaiknya anda rendam terlebih dulu supaya sisa makanan dan kotoran yang sudah mengering dapat luruh saat pencucian.

  • Hindari Mencuci Peralatan Yang Berkarat

Supaya kerja dishwasher tetap maksimal, sebaiknya anda hindari mencuci peralatan yang terbuat dari metal yang mudah berkarat karena tekanan dan suhu. Termasuk peralatan yang memiliki sifat asam tinggi, karena karat dan asam dapat mempengaruhi kerja dish washing machine.

  • Jangan Membuka Penutup Saat Mesin Sedang Bekerja

Anjuran ini adalah hal yang umum anda dapati di semua jenis mesin pencuci, seperti mesin cuci baju maupun dishwasher. Pasalnya, saat mesin sedang bekerja membutuhkan tekanan di dalamnya, jika penutup dibuka saat maka tekanan tersebut hilang. Hal ini membuat proses pencucian dishwasher menjadi tidak maksimal, dan lebih parah dapat merusak mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *