Ilustrasi SD Kristen Favorit Balikpapan
SD Kristen Balikpapan

Apa Saja Sih, Perbedaan SD Biasa dengan SD Favorit Balikpapan?

Ketika tahun ajaran baru dimulai, orang tua sibuk mencari sekolah terbaik untuk anaknya, beberapa bahkan mengincar sekolah favorit dan mendaftarkan anaknya di sana berharap sang buah hati dapat lulus di sekolah tersebut dan bersekolah di SD kristen favorit Balikpapan yang memiliki kualitas bagus. Lalu, apakah bedanya sekolah favorit dengan sekolah biasa?

Perbedaan Sekolah Favorit dengan Sekolah Biasa

Ketika akan mendaftarkan anak ke sekolah, orang tua akan beramai-ramai mendaftarkan anaknya ke sekolah favorit, di mana sekolah favorit dinilai memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan sekolah biasa. Berikut ini adalah perbedaan antara kedua sekolah tersebut:

Biaya Sekolah

Ketika berbicara soal uang sekolah, sekolah favorit dinilai memiliki uang sekolah yang lebih mahal dibandingkan sekolah biasa. Oleh karena itu, seperti hukum alam, hanya anak-anak yang berasal dari keluarga ‘mampu’ saja yang dapat masuk SD kristen favorit karena lebih mampu untuk membayar.

Namun, ada beberapa SD yang tidak perlu mengeluarkan uang sekolah alias gratis yang merupakan program pemerintah daerah, oleh karena itu biasanya sekolah favorit atau tidak, tidak bisa dilihat perbedaannya dari biaya sekolah karena tidak adanya uang SPP yang perlu dibayarkan pada sekolah.

Fasilitas

Sekolah dasar yang memiliki peringkat favorit, seperti SD favorit Balikpapan tentunya memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan lebih memadai, serta pemeliharaan fasilitas sekolah pun juga lebih baik sekolah favorit dibandingkan sekolah biasa. Tak jarang beberapa sekolah negeri yang menjadi sekolah favorit memiliki fasilitas AC untuk kenyamanan proses belajar mengajar.

Persaingan dan Semangat Belajar Siswa

Pada SD favorit, biasanya berisi anak-anak yang memang pintar dan memiliki keinginan belajar yang tinggi sehingga atmosfer kompetisi atau persaingan untuk mendapatkan nilai terbaik dan peringkat satu lebih terlihat dibandingkan sekolah biasa. Di mana persaingan ini akan terus berlanjut sampai para siswa lulus nanti.

Dan dengan melihat teman-temannya yang lain lebih pintar, hal ini dapat memicu semangat belajar pada siswa SD kristen favorit Balikpapan untuk belajar lebih rajin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *