Ilustrasi kode
Teknologi

Ini Dia Pengaruh Integrasi E-Commerce dengan ERP Dunia Bisnis

Membahas tentang dunia bisnis tentu tidak akan lepas dengan istilah E-Commerce dan ERP. Namun apa sebetulnya E-Commerce itu? dan apa pengaruh integrasi e-commerce dengan ERP di dunia bisnis?

Mengenal E-Commerce dan ERP 

Istilah e-commerce sering diartikan sebagai perdagangan elektronik. E-commerce sendiri dapat diartikan secara luas sebagai salah satu teknologi canggih yang bisa digunakan sebagai usaha yang mana dapat berperan sebagai penjualan, pembelian, penyebaran serta pemasaran barang dan jasa dengan mengandalkan system elektronik. Sistem elektronik tersebut bisa melalui internet, TV, dan jaringan teknologi lainnya, 

Adapun contoh dari e-commerce seperti electroniccity, ralali, OLX, Tokopedia, shopee, blibi, lazada, freelancer, qlue, Acella dan masih banyak lagi lainnya. 

E-commerce sendiri juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya biaya lebih murah, dapat menjangkau konsumen dengan luas, tidak perlu stok barang sendiri, transaksi dan pengiriman yang mudah, tidak dibatasi oleh waktu, dapat dikerjakan dimanapun dan bisa mempelajari kebiasaan pelanggan melalui googleanalytics. 

Selain itu, Anda juga perlu tahu jenis jenis dari e-commerce ini. Terdapat 6 jenis e-commerce yaitu businesstobusiness, business t consumer, consumertoconsumer, consumertobusiness, businesstopublicadministration, dan consumertopublicadministration. 

Sedangkan ERP sendiri memiliki kepanjangan Enterprise Resource Planning. ERP ini juga dikenal sebagai perencanaan sumber daya perusahaan. ERP sendiri dapat diartikan secara luas sebagai system yang berfungsi sebagai alat manajemen suatu bisnis yang mana memiliki peran konsep dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan yang di dalamnya berisi data seperti dana, mesin, sumber daya perusahaan. 

Secara sederhana ERP ini untuk membantu perusahaan dan memudahkan segala urusan perusahaan agar menjadi lebih efektif dan efisien baik secara internal maupun eksternal. Agar ERP bisa berjalan dengan baik dan lancar maka perusahaan perlu menyediakan fasilitas seperti perangkat keras (hardware) seperti laptop dan PC yang mana ini digunakan sebagai pusat data. 

Pengaruh Integrasi E-commerce dengan ERP Di Dunia Bisnis 

Adapun pengaruh integrasi ecommerce dengan ERP di dunia bisnis diantaranya : 

  • Memudahkan pengelolaan persediaan stok

Tidak bisa dipungkiri banyak pelaku usaha bisnis online yang ribet dan pusing dengan perhitungan stok barang, namun dengan menggunakan erp Anda cukup mengintegrasikan ERP dengan web ecommerce Anda. Dengan begitu, maka secara langsung dan otomatis akan melacak jumlah persediaan stok produk Anda. 

  • Menghemat biaya operasional 

Pengaruhintegrasi ecommerce dengan ERP yang kedua ini adalah dapat menghemat biaya operasional. Hal ini dikarenakan urusan yang kompleks akan terselesaikan dengan cepat. 

  • Memudahkan pencatatan pendapatan 

ERP sendiri akan secara otomatis mencatat nomor penjualan sehingga tentu ini akan memudahkan Anda untuk mencatat pendapatan yang masuk ke Anda. 

Itulah pengaruh dari integrase e-commerce dengan ERPdi dalam dunia bisnis maupun suatu usaha yang dijalankan perseorangan maupun kelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *