Gambar perempuan sedang mengoperasikan mixer
Food Mixer

Ini Dia 2 Jenis Commercial Mixer yang Sering Digunakan

Commercial food mixer merupakan salah satu jenis mixer yang digunakan untuk mencampur adonan dengan cepat. Mixer ini cocok digunakan pada usaha restoran dan toko roti. Mixer ini bisa mencampur seluruh adonan di mangkuk secara merata. Selain itu, komponen yang kuat, membuat isinya tercampur sempurna. Berikut ini beberapa tipe commercial food mixer yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Planetary mixers

Disebut planetary mixers karena mekanisme gerak mixer yang berputar di dalam mangkuk mixing adonan. Mixer jenis ini disebut juga stand mixer atau mixer kue. Mixer ini biasanya diletakkan pada alas yang berat dan dapat berdiri atau bisa diposisikan di atas meja.

Karena banyak kegunaannya, planetary mixer populer bisa mencampur berbagai macam bahan untuk adonan. 

  • Proses mixing di mixer ini bekerja di seluruh mangkuk, sehingga semua bahan tercampur dengan merata.
  • Berbagai macam fitur yang ada dalam mixer ini membuat proses mixing akan maksimal. Sebagian besar komponen dalam mixer ini termasuk pengocok, pengait adonan dan kawat yang dapat dilepas dengan mudah.
  • Pengaturan kecepatan untuk berbagai proses mixing yang berbeda seperti mengocok krim dapat dilakukan cepat. Proses menguleni adonan pizza juga dapat dilakukan dengan kecepatan yang lambat.
  • Mangkuk yang besar memungkinkan kamu untuk mixing makanan dalam jumlah besar. planetary mixers komersial yang umum tersedia yaitu dengan kapasitas mangkuk antara 7 hingga 30 liter. Versi yang jauh lebih besar juga tersedia untuk sebagian besar lokasi industri terbesar.

Dough Mixers

Dough mixer bisa juga disebut sebagai mixer spiral atau mixer garpu. Commercial food mixer ini unik karena mekanisme dari mixer ini menggunakan mangkuk yang berputar, bukan mekanisme mixing. Mangkuk yang berputar memastikan bahwa semua isinya di dalamnya tertarik melewati pengait adonan atau garpu pencampur, yang kuat untuk mixing adonan berat dalam jumlah yang besar.

Dough mixer merupakan mixer adonan yang sangat populer di restoran pizza, toko roti, kantin, dan beberapa usaha kuliner lainnya.

  • Dengan mekanisme mangkuk yang berputar menyebabkan campuran adonan akan lebih lembut. Hal ini memungkinkan adonan mengembangkan struktur dengan baik. Proses ini akan menjaga panas gesekan tetap rendah, mixer spiral membantu mencegah adonan bekerja terlalu keras.
  • Adanya pengaturan kecepatan ganda memungkinkan kamu untuk mengubah pengaturan mixer sehingga konsistensi adonan lebih optimal. Kecepatan yang rendah bisa untuk menyatukan adonan dan kecepatan yang lebih tinggi untuk mengembangkan adonan lebih lanjut sesuai kebutuhan.
  • Mixer spiral memiliki berbagai macam kapasitas adonan terbesar yang bisa kamu pilih. Jika kamu akan membuat campuran yang sama dalam jumlah besar setiap hari, mixer adonan ini sangat cocok untuk digunakan.

Jenis commercial food mixer di atas merupakan commercial food mixer yang ini sangat berguna dan membantu untuk mencapai beberapa bahan campuran yang diinginkan. Mulai dari mengocok krim, menguleni adonan, hingga membuat campuran kue, commercial food mixer bisa menjadi pilihan tepat untuk menghemat waktu dan tenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *