E-Commerce
E-commerce,  Internet,  Online Shopping

Solusi Logistik E-Commerce Perusahaan Untuk Tetap Mendapat Citra Baik dari Pelanggan

Bisnis E-commerce menjadi bisnis yang banyak diminati saat ini, terutama perubahan jaman yang membuat orang-orang lebih memilih melakukan segala sesuatu melalui internet. Semakin banyaknya aktivitas penjualan melalui internet, membuat kebutuhan logistik pun menjadi sangat tinggi. Dengan begitu, adanya solusi logistik E-commerce perusahaan menjadi hal penting untuk menunjang aktivitas e-commerce.

Pentingnya Logistik Untuk E-Commerce

  1. Sebagai pengirim barang

Untuk mengirimkan barang kepada pelanggan dengan aman dan tepat waktu, pihak e-commerce membutuhkan transportasi dan pengirim (kurir) yang sudah terstandarisasi dan mampu menjaga barang dengan baik sampai pada tangan penerima.

  1. Menjadi Pembentuk Citra Perusahaan

Salah Satu hal yang menjadi faktor pembentukan citra terhadap perusahaan adalah logistik yang digunakan, jika pelanggan menerima barang dengan kondisi yang baik, maka pelanggan akan memberikan citra baik, namun apabila pelanggan menerima barang dengan keadaan rusak karena kelalaian logistik, maka tidak sedikit pelanggan yang juga malah memberikan citra yang buruk pada perusahaan.

Solusi Logistik untuk E-commerce Perusahaan

Untuk menjalankan aktivitas e-commerce, diperlukan adanya logistik yang mumpuni, sehingga banyak dari para pelaku bisnis e-commerce membutuhkan solusi logistik E-commerce perusahaan, agar logistik pada perusahaannya menjadi semakin membaik.

  1. Pilih Mitra Logistik yang Memiliki Citra dan Pengalaman yang Baik

Tidak jarang, banyak pelanggan yang mengajukan komplain kepada perusahaan karena barang yang diterima sudah dalam keadaan tidak bagus, seperti sobek, pecah atau tertukar. Hal tersebut sering terjadi karena kelalaian pihak pengirim yang tidak menjaga barang dengan baik.

  1. Memberikan Informasi yang Jelas Terhadap Barang

Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan dan kesalahan penerima barang, maka sebaiknya pihak perusahaan memberikan informasi secara detail dengan memberikan keterangan barang mudah pecah dalam tulisan besar yang bisa mudah terlihat, alamat tujuan (penerima) yang jelas.

  1. Packaging yang Aman

Untuk menjadi solusi paling utama, pihak perusahaan sebaiknya memberikan packaging yang aman terhadap barang dengan memberikan ekstra bubble wrap, kardus yang tebal atau kayu untuk barang tertentu.

Hal-hal yang menjadi solusi logistik E-commerce perusahaan di atas sebaiknya selalu diterapkan oleh pelaku bisnis e-commerce agar perusahaan yang dijalankan tetap mendapatkan dukungan dan citra yang baik dari pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *