Ilustrasi persediaan baja ringan di pabrik baja ringan
Construction

5 kelebihan menggunakan baja ringan untuk bangunan

Menggunakan alat dan bahan yang aman juga kuat dalam membangun rumah maupun bangunan lainnya merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Saat ini sudah banyak produsen baja ringan yang mulai memproduksi baja ringan. Terdapat beberapa model kanopi baja ringan yang baik sehingga dapat memperkokoh struktur bangunan. Berikut ini akan dijelaskan kelebihan dari menggunakan baja ringan.

  1. Mudah dipasang dan ringan

Sifat baja yang ringan memudahkan dalam pemasangan khususnya untuk memasang rangka atap. Rangka atap baja ringan dapat menghemat waktu dan biaya pemasangan karena mempunyai sistem sambungan yang tergolong mudah. Untuk menyambungkan baja ringan satu dengan yang lain dapat menggunakan sekrup, baut, keling dan bisa juga disambung menggunakan las. 

  1. Kokoh, kuat dan tahan lama

Ini merupakan keunggulan dari baringan, sekalipun ringan baja ini sangat kuat, kokoh dan tahan lama, hal ini dikarenakan material penyusun baja ringan sangat pada tidak mudah berkarat dan tahan terhadap kondisi cuaca buruk sekalipun. Bahan pembuat baja ringan sudah dilengkapi dengan anti keropos, sehingga tahan lebih lama dibandingkan dengan atap dari kayu. Padatnya materi penyusun dalam baja ringan ini dapat meminimalkan penyusutan dan tidak mudah memuai. Inilah yang menyebabkan kebanyakan perumahan memilih baja ringan dalam pembuatan rangka atap dan rangka bangunan lainnya. 

  1. Lebih mudah dipasang dan dibentuk

Kebanyakan produsen baja ringan membuat desain kerangka baja ringan untuk atap maupun untuk kanopi. Baja ringan juga dapat menjadi solusi dari desain rumah maupun bangunan yang rumit. Baja ringan dapat dengan mudah dibentuk dan dipotong menyerupai bentuk dan kerangka yang sesuai dengan keinginan. Atap baja ringan ini ternyata bisa dipadukan dengan jenis atap apa saja asalkan penghubungnya harus dari baja ringan juga. 

  1. Lebih lentur

Rangka baja ringan mempunyai struktur lebih lentur atau mempunyai tegangan tarik tinggi. Semakin tegangan tarik rangka atap maka semakin banyak pula penyerapan energinya hal ini yang menyebabkan kelunturan menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Baja biasa mempunyai daya tarik dan kelenturan yang rendah, perbedaan daya tarik baja biasa dengan beja ringan sangat berbeda jauh. Maka dari itu penggunaan baja ringan lebih banyak diminati ketimbang baja biasa.

  1. Menghemat penggunaan kayu

Pemerintah telah menganjurkan untuk menghemat penggunaan kayu. Maka dari itu penggunaan baja ringan dalam pembangunan bisa menjadi satu solusi dalam pengurangan jumlah penggunaan kayu. 

Itulah beberapa kelebihan dari baja ringan khususnya lagi dalam penggunaanya untuk pembangunan. Sampai dengan saat ini sudah terdapat banyak perusahaan selaku produsen baja ringan yang memproduksi berbagai jenis baja ringan mulai dari kanopi hingga rangka baja ringan serta masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *